Rabu, 09 Mei 2012

skema komunikasi pendidikan

Jawaban:








Text Box: MuridText Box: GuruText Box: Wakasek KurikulumText Box: Wakasek KesiswaanText Box: Kepala SekolahText Box: Lembaga Pendidikan / Sekolah / Yayasan Kota Surabaya                                                                                                 Kurikulum



                                                                               



                                                                                Kurikulum yang digunakan










 

                                                feedback                          Pembelajaran





Penjelasan :

1). Langkah pertama yang dilakukan sumber adalah ideation yaitu penciptaan satu gagasan atau pemilihan seperangkat informasi untuk dikomunikasikan. Ideation ini merupakan landasan bagi suatu pesan yang akan disampaikan.

2).  Langkah kedua dalam penciptaan suatu pesan adalah encoding, yaitu sumber menerjemahkan informasi atau gagasan dalam wujud kata-kaya, tanda-tanda atau lambang-lambang yang disengaja untuk menyampaikan informasi dan diharapkan mempunyai efek terhadap orang lain. Pesan atau message adalah alat-alat di mana sumber mengekspresikan gagasannya dalam bentuk bahasa lisan, bahasa tulisan ataupun perilaku nonverbal seperti bahasa isyarat, ekspresi wajah atau gambar-gambar.

3). Langkah ketiga dalam proses komunikasi adalah penyampaian pesan yang telah disandi (encode). Sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan cara berbicara, menulis, menggambar ataupun melalui suatu tindakan tertentu. Pada langkah ketiga ini, kita mengenal istilah channel atau saluran, yaitu alat-alat untuk menyampaikan suatu pesan. Saluran untuk komunikasi lisan adalah komunikasi tatap muka, radio dan telepon. Sedangkan saluran untuk komunikasi tertulis meliputi setiap materi yang tertulis ataupun sebuah media yang dapat mereproduksi kata-kata tertulis seperti: televisi, kaset, video atau OHP (overheadprojector). Sumber berusaha untuk mebebaskan saluran komunikasi dari gangguan ataupun hambatan, sehingga pesan dapat sampai kepada penerima seperti yang dikehendaki.

4). Langkah keempat, perhatian dialihkan kepada penerima pesan. Jika pesan itu bersifat lisan, maka penerima perlu menjadi seorang pendengar yang baik, karena jika penerima tidak mendengar, pesan tersebut akan hilang. Dalam proses ini, penerima melakukan decoding, yaitu memberikan penafsiran interpretasi terhadap pesan yang disampaikan kepadanya. Pemahaman (understanding) merupakan kunci untuk melakukan decoding dan hanya terjadi dalam pikiran penerima. Akhirnya penerimalah yang akan menentukan bagaimana memahami suatu pesan dan bagaimana pula memberikan respons terhadap pesan tersebut.

5). Proses terakhir dalam proses komunikasi adalah feedback atau umpan balik yang memungkinkan sumber mempertimbangkan kembali pesan yang telah disampaikannya kepada penerima. Respons atau umpan balik dari penerima terhadap pesan yang disampaikan sumber dapat berwujud kata-kata ataupun tindakan-tindakan tertentu. Penerima bisa mengabaikan pesan tersebut ataupun menyimpannya. Umpan balik inilah yang dapat dijadikan landasan untuk mengevaluasi efektivitas komunikasi.

Komunikasi pembelajaran didunia pendidikan.
·         Skema diatas menjelaskan bentuk komunikasi di dunia pendidikan yang berkaitan dengan kurikulum dan materi yang disampaikan ke seorang pelajar. pertama kurikulum dibuat oleh departemen pendiddikan nasional kemudian di infarmasikan kepada sekolah-sekolah dengan kepala sekolah sebagai pusat informasinya dan sebagai komunikator. Setelah itu kepala sekolah menyampaikan informasi tersebut kepada wakasek kesiswaan dan wakasek kurikulum dengan menggunakan media rapat  yang kemudian dipakai oleh semua guru sebagai komunikan.  kurikulum yang dipakai dan teakhir guru membuat silabus sebagai media pembelajaran dan melakukan pembelajaran kepada murid dengan media LCD dan sebagainya sesuai kurikulum yang berlaku. Setelah itu para murid melakukan feedback dengan memperhatikan materi yang diberikan oleh guru serta menanggapinya atau menyimpannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar